Monday, March 31, 2014

Lampu Taman Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya



Sistem pengendalian merupakan hal yang penting di bidang teknologi dan industri. Banyaknya peralatan, terutama peralatan elektronik yang harus dikendalikan atau luasnya suatu wilayah (misalnya gedung atau pabrik) yang peralatan-peralatan elektroniknya harus dikendalikan, sehingga dibutuhkan suatu ruang kendali yang dapat mengendalikan peralatan-peralatan elektronik tersebut.

Namun akan ada masalah jika ruang kendali ada di beberapa tempat, sehingga untuk mengendalikan peralatan elektronik tersebut, seseorang harus berpindah dari satu tempat pengendalian ke tempat pengendalian berikutnya, cara seperti ini akan memakan banyak waktu. Pada kasus lain mengenai pentingnya sistem pengendalian yaitu pada perumahan. misalnya saat seseorang menginggalkan rumah, mungkin sebagian orang lupa mematikan salah satu lampu listrik yang ada di rumahnya. Jika hal ini terjadi akan sangat merepotkan jika orang tersebut harus kembali ke rumah hanya untuk mematikan lampu tersebut. Atau kalau dibiarkan lampu itu tetap menyala, maka ini merupakan suatu pemborosan.

Sistem Lampu Taman Otomatis berbasis ATMega8535 yang  dapat menyalakan dan mematikan secara otomatis lampu, menyalakan lampu disaat sensor mendeteksi cahaya dan akan mematikan lampu disaat sensor tidak mendeteksi cahaya. Dengan adanya informasi tersebut tentunya dapat mengurangi human error apabila telatnya informasi manual yang dikirimkan operator melalui komunikasi langsung.



No comments:

Post a Comment