Tuesday, November 11, 2014

NIKOLA TESLA (1856-1943)


            Nikola Tesla atau biasa dikenal dengan sebutan Tesla merupakan seorang insinyur listrik yang berasal dari Amerika Serikat. Dalam hidupnya, beliau banyak menyumbangkan pengetahuannya dengan menghasilkan penemuan-penemuan yang berguna bagi peradaban dunia, seperti medan magnet berputar ditemuakn pada tahun 1883, motor induksi yang ditemukan pada tahun 1883, alternator frekuensi tinggi arus bolak-balik yang ditemukan pada tahun 1889, lampu tabung tanpa kawat pijar yang ditemukan pada tahun 1891, kumparan Tesla yang ditemukan pada tahun 1891, generator dua fase yang ditemukan pada tahun 1893, sistem pembangkitan, transmisi, dan distribusi listrik arus bolak-balik yang ditemukan pada tahun 1893, komunikasi tanpa kawat yang ditemukan pada tahun 1893, gelombang stasioner bumi yang ditemukan pada tahun 1899, kilat buatan yang ditemukan pada tahun 1900. Kemudian beliau mencoba membuat sistem penyiaran tanpa kawat, namun usahanya tidak berhasil. Faktor utamanya yaitu dana yang tidak mencukupi. Walaupun begitu, pada tahun 1917, beliau telah meramalkan dengan tepat cara kerja radar.

            Belau dilahirkan pada tanggal 9 Oktober 1856 di samiljan, Croatia, yang sekarang berada di Yugoslavia, dan meninggal dunia pada usia 87 tahun atau tepatnya pada tanggal 7 Januari 1943 di New York City. Ayahnya dalah pendeta Orthodox dan keturunan orang Serbia. Dilihat dari kemampuan dan kejeniusannya, beliau tidak jauh berbeda dengan Edison. Memang tidak sekaliber dengan Edison, namun beliau telah mampu menandingi Edison pada bidang sistem pembangkitan, transmisi, dan distribusi listrik. Bahkan sampai saat ini sitem Tesla lebih banyak digunakan oleh masyarakat luas di seluruh dunia jika dibandingkan dengan sistem Edison yang tidak pernah digunakan.

            Dalam mengemban pendidikannya, beliau pernah kuliah di Universitas Praha, dan di Universitas Teknologi yang terletak di Graz, Austria. Ketika masih kuliah di Graz, beliau pernah melihat dinamo buatan Gramme, seorang insinyur yang berasal dari Belgia, dan jika dibalik maka dinamo tersebut akan berubah menjadi motor listrik. Sejak saat itu munculah keinginan di hatinya untuk menciptakan medan magnet yang dapat berputar. Kemudia pada tahun 1882 beliau bekerja di perusahaan Edison yang terletak di paris. Setiap selesai bekerja beliau selalu meluangkan waktunya untuk membuat motor induksi yang diselesaikan pada tahun 1883. Selang setahun kemudian beliau pergi ke Amerika Serikat dan berkerja pada perusahaan Edison. Namun di sana beliau tidak merasa cocok dengan Edison dan sering bertengkar. Akhirnya beliau memutuskan untuk beralih ke perusahaan listrik milik Westinghouse. Walaupun sama-sama memproduksi listrk, namun keduanya berbeda. Kalau Edison mejual listrik arus searah. Sedangkan Westinghouse dan Tesla menjual listrik arus bolak-balik.

No comments:

Post a Comment