Tuesday, November 11, 2014

ALESSANDRO VOLTA (1745-1827)

               Alenssandro Volta atau lebih akrab dengan sebutan volta, beliau merupakan seorang ahli fisika yang berasal dari italia. Penemuan-penemuannya yang paling terkenal adalah elemen, batrae atau tumpukan Volta (1800), kondensator, eudimenter, pistol listik, lampu udara, menemukan dan mengisolir gas metan (1778). Selain itu beliau juga pernah memperbaiki elektrofokus (1777) dan elektroskop. Berdasarkan sejarah yang tercatat diketahui bahwa beliau lahir dari keluarga bangasawan pada tanggal 18 Februari 1745 di Como, Lombardia, Italia. Dan meninggal dunia pada 82 tahun atau tepatnya pada tanggal 5 maret 1827 di tanah kelahirannya yaitu Como.
            Di dalam keluarganya, beliau mempunyai saudara sekandung 9 orang dan semuanya masuk biara, kecuali Volta. Ketika masih kecil , beliau dikatakan sebagai anak bodoh dan terbelakng. Anggapan tersebut bukan tanpa alasan , karena Volta sendiri baru dapat berbicara ketika berusia 4 tahun. Walaupun begitu tidak ada yang menyangka bahwa ternyata Volta setelah besar mempunyai kemampuan yang dapat menandingi teman sebayanya. Telebih lagi di saat usia 14 tahun , beliau dengan tegas menyatakan ingin menjadi seroang ahli fisika.
            Ketika pada tahun 1786 Luigi Galvani, seorang ahli fisiologi dan sekaligus teman Volta, telah melakukan eksperimen terhadap kaki katak yang dikait dengan kait tembaga. Pada waktu kaki tersebut menyentuh besi, maka secara otomatis kaki tersebut berdenyut. Berdasarkan kejadian tersebut, maka Galvani berpendapat bahwa ternyata daging katak mengandung listrik. Kesimpulan tersebut tidak langsung diterima mentah-mentah oleh Volta, dan beliaupun terus melakukan percobaan untuk membuktikan untuk membuktikan kebnarannya. Kemudian pada tahun 1794 atau delapan tahun setelah kejadian tersebut, Volta telah memperoleh hasil dan diketahui bahwa ternyata listrik yang dimaksudkan oleh Galvani tersebut bukan berasal dari daging katak, melainkan dari logam. Dari situlah timbul perdebatan ilmiah antara pengikut Volta dengan pengikut Galvani. Namun sayang sekali perdebatan tersebut tidak membuahkan keputusan yang konkrit selama kurun waktu 6 tahun lamanya. Sampai oada tahun 1800, akhirnya Volta berhasil menemukan batere, dan penemuannya itu sekaligus menumbangkan terori Galvani dan menghentikan perdebatan yang terjadi di antara dua kubu tersebut. Selama hidupnya, Volta juga pernah menjadi guri besar dan seorang pengarang.

No comments:

Post a Comment