Tuesday, November 11, 2014

EDWIN HERBERT (1909-1991)

        Edwin Herbert Land atau biasa dipanggil dengan nama Land saja, beliau merupakan seorang ahli fisika yang dilahirkan pada tahun 1909, dan meninggal pdunia pada usia 82 tahun atau tepatnya pada tahun 1991. Penemuannya yang terkenal yaitu fotografi kilat, yang ditemukan pada tahun 1849. Mulanya proses fotografi dilakukan dengan memakan waktu yang cukup lama, bahkan sampai berhari-hari tergantung pada lokasi untuk memprosesnya. Namun dengan ditemukan fotografi kilat ini, waktu dan biaya yang digunakan juga akan semakin hemat.
Untuk menemukan ciptaanya itu beliau harus meninggalkan Harvard dan melakuan penelitian tentang polarisasi cahaya. Selang dua tahun kemudian, beliau berhasil menemukan sebuah fiter polarisasi yang berguna sebagai lensa kamera yang berguna untuk menghilangkan pantulan dan kilauan. Dengan hasil penemuannya itu, akhirnya beliau mendirikan sebuah perusahaan yang kemudian diberinya nama “Polaroid Corporation” yang memproduksi filter, pelindung jendela, kacamata, dan juga lampu.

Selang sepuluh tahun kemudian atau sekitar tahun 1947, beliau menemukan film kilat polaroid yang digunakan untuk kamera. Awalnya film ini digunakan pada kamera sendiri, baru selanjutnya disebarluaskan pada masyarakat saat itu. Setelah itu pada tahun 1963, beliau menemukan Polacator, yaitu film berwarna pertama yang dapat diproses dalam waktu yang kilat yaitu hanya membutuhkan 1 menit lamanya.

No comments:

Post a Comment